Sukses

Haid Tidak Teratur, Apa Penyebabnya?

15 Feb 2021, 00:28 WIB
Wanita, 17 tahun.

hallo, saya seorang perempuan berumur 17 tahun, dan saya telah mengalami menstruasi sejak saya berusia 12/13 tahun, tetapi kenapa ya dari awal saya tidak pernah mens dengan teratur, biasanya saya mens sekitar 3-4 bulan sekali

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. Dari kondisi yang anda infokan, kemungkinan anda mengalami siklus haid yang belum teratur karena masih remaja dan dalam kurun waktu 5 tahun setelah mens pertama kali.

Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid anda selama ini? Penyebab tidak haid ada banyak sekali, belum tentu terjadi kehamilan.

Pertama izinkan kami menjelaskan tentang gangguan siklus haid. Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

- Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

- Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

- Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

- Malnutrisi (kurang gizi)

- Stres psikologis

- Atlet

- Kekurangan vitamin K

- Penggunaan obat-obatan tertentu

- Kelainan pembekuan darah

- Gangguan hormon tiroid

- Dan lain sebagainya

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui PlayStore/ Android: https://www.klikdokter.com/download dan untuk App Store  https://app.adjust.com/n01yug7 kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar