Sukses

Benjolan di Atas Hidung

14 Feb 2021, 19:49 WIB
Wanita, 16 tahun.

dihidung saya ada benjolan kecil terdapat diatas hidung dan hidung saya mampet serta tidak bisa menghirup baub dan lidah sya tidak bisa merasakan apa2

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sudah berapa lama benjolan dirasa? Lokasinya di bagian hidung sebelah mana? Apakah ciri - ciri benjolannya? Apakah benjolannya bertambah besar? Apakah ada riwayat keluarga seperti ini? Apakah ada gejala penyerta atau sebelum terjadinya benjolan seperti (alergi, sinusitis, mimisan, hidung tersumbat, dll)?

Hal yang perlu ditekankan adalah, penyebab dari hidung tersumbat adalah multifaktor. Sehingga, sebuah satu keluhan hidung tersumbat dapat mencerminkan proses yang berbeda, bahkan kombinasi, berikut beberapa indikasi yang dapat bermunculan:

- Neoplasma jinak: angiofibroma nasofaring, hemangioma, papilloma, nasal osteoma;

- Neoplasma ganas: karsinoma nasofaring, limfoma, sarcoma, squamous cell carcinoma, adenokarsinoma,

- Inflamatory disease (rhinosinusitis, polip hidung, aspirin sensititivity, rhinitis: alergi, non alergi, vasomotor, atrofi),

- Hidung tersumbat karena infeksi (syphilis, HIV, vestibulitis hidung),

- kelainan kongenital dan kelainan anatomi (atresia koana, hipertrofi adenoid, septum deviasi, kistik fibrosis),

- trauma (paresis nervus fasialis, sinekia, cocain abuse, penyempitan nasal valve),

- obat-obatan (Anti tiroid, pil KB, Estrogen, anti hipertensi (calcium channel blocker, beta blocker),

- Kelainan sistemik (Tuberkulosis, Wegener’s granulomatosis, Midline lethal granuloma), penyebab neurogenik (Glioma, CSF leak, Encephalocele)

- Hidung tersumbat karena kondisi lainnya (benda asing, hipotiroid, kehamilan, obesitas).

Diperlukan pemeriksaan fisik secara teliti mulai pemeriksaan fisik umum dan pemeriksaan telinga hidung serta tenggorokan karena ketiga komponen terakhir saling berhubungan. Benjolan hidung juga dapat berarti polip hidung hingga tumor.

Kami menyarankan Anda untuk menemui dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui jenis penyakit apa yang diderita sehingga dapat ditemukan solusi atau terapi yang memberikan hasil kesembuhan yang maksimal.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar