Sukses

Kejang pada Anak

14 Feb 2021, 19:34 WIB
Pria, 26 tahun.

Baru pertama kali adik saya lagi tidur terus ngomong sesuatu kaya ngigau gitu. Terus adik saya tiba tiba nafasnya sesegak an, bibir item banget keluar air liur, ga sadar, badan lemas. Kira kira itu kenapa ya. Satu rumah kaget semua cuma bisa usapin pake kayu putih di perut, idung. Sekitar 5 menitan sadar kembali

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan melalui Klikdokter.com 

 

Berapa usia adik Anda saat ini? yang Adik Anda alami kemungkinan terjadi kejang.

Kejang pada anak bermacam penyebabnya, di antaranya adalah demam, epilepsi, trauma pada otak, pengobatan tertentu, kelainan metabolik, dsb. Bila kejang terjadi pada saat anak mengalami panas tinggi maka disebut dengan kejang demam. Yang perlu diketahui adalah ketika adik Anda mengalami kejang, apakah kejang terjadi hanya di beberapa bagian tubuh atau kah seluruh tubuh? Berapa lama kejang berlangsung? Setelah kejang apakah adik Anda tersadar atau tidur? Apakah pernah mengalami kejang bila tidak demam? 

Bila kejang terjadi ketika demam, dan berdasarkan informasi yang Anda sampaikan bahwa adik Anda mengalami kejang berulang dalam 24 jam maka kemungkinan besar yang dialami adik Anda adalah kejang demam kompleks. Kejang demam kompleks merupakan salah satu faktor risiko terjadinya epilepsi. Bagaimana dengan riwayat keluarga Anda, adakah riwayat epilepsi dalam keluarga?

Untuk memastikan diagnosis epilepsi perlu dilakukan pemeriksaan EEG untuk menilai apakah terdapat fokus epilepsi pada adik Anda. Pemeriksaan EEG tersebut perlu dilakukan ketika adik Anda sedang tidak mengalami demam.

Untuk saat ini bila adik Anda mengalami kejang ketika demam maka Anda perlu mewaspadai kemungkinan terjadinya kejang pada adik Anda. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar