Sukses

Mengatasi Rambut Rontok

14 Feb 2021, 19:23 WIB
Wanita, 29 tahun.

Halo dokter, kenalkan saya Rainy ... saya ingin bertanya masalah rambut saya, saya mengalami kerontokan sudah cukup lama, bahkan sekarang ini, semakin parah, rambut saya rontok seperti orang kanker, bisa segumpal di tangan,. saya semakin stress, berbagai perawatan dan shampoo mahal hingga perawatan alami telah saya lakukan. tapi semua itu terasa percuma. Rasanya saya ingin membotakkan saja rambut saja, untungnya masih kerja... Saya bahkan sering potong rutin 2 atau 3 bulan sekali, tapi percuma juga, saya harus bagaimana dokter? terima kasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat akan rontok. Dengan kata lain, rontok adalah hal yang normal terjadi namun dengan batasan 50-100 helai per hari. 

JIka rambut Anda sudah rontok lebih dari 100 helai per hari, terdapat beberapa hal yang menjadi penyebabnya, yaitu faktor genetik dan faktor didapat. Untuk faktor genetik sudah susah disembuhkan. Sedangan untuk faktor yang didapat, bisa disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti jamur pada kulit kepala, anemia, demam, sakit tifus ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti salah perawatan rambut.

Berikut tips yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi rambut rontok:

- Banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi 

- Hindari stress

- Hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut

- Rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah 

- Cukup istirahat

- Stop merokok (pada yang merokok)

- Hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas

- Hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut  

- Gunakan sampo sesuai jenis rambut

Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan, tapi kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit untuk dievaluasi dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar