Sukses

Anak panas dan batuk

12 Feb 2021, 16:34 WIB
Pria, 36 tahun.

anak saya usia 3 tahun 8 bulan, sudah 3 hari ini badannya panas dan batuk tapi tidak keluar dahak, mo muntah juga tdk bisa , radang. obatnya apa ya dok?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Bapak

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Batuk dapat diatasi dengan obat-obatan tradisional yang telah terbukti dapat mengurangi peradangan yang terjadi, seperti jahe, madu (bila anak sudah di atas 1 tahun), kencur, omega-3 dan echinacea. 

Anda juga dapat menambahkan suplementasi Zinc selama anak batuk untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya.

Bila batuk mengganggu tidur, Anda pun dapat melakukan cara-cara berikut:

  • Biarkan anak beristirahat.
  • Gunakan humidifier (pelembap udara) di kamar anak untuk memudahkannya bernapas dan rileks.
  • Jika anak tidur, tinggikan posisi kepalanya untuk memudahkannya bernapas sewaktu batuk melanda.
  • Jika anak terbangun saat batuk, berikan ia minuman hangat. Minuman hangat dapat mengencerkan lendir yang menempel di tenggorokan.

Pada prinsipnya batuk pilek pada anak disebabkan oleh virus yang akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu 1 minggu. Yang perlu diatasi adalah keluhannya agar membuat anak nyaman, bisa beraktivitas dan mau makan.

Namun bila disertai demam dan sudah berangsur lebih dari tiga hari, sebaiknya periksakan Anak secara langsung guna mendapatkan penanganan yang tepat. 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.  

0 Komentar

Belum ada komentar