Sukses

Tes Covid-19

12 Feb 2021, 16:16 WIB
Wanita, 21 tahun.

Saya sedang pilek, mengeluarkan dahak dan lendir berwarna hijau, dan sesekali batuk di sertai dahak yang kental. dan dada saya sesekali sesak, saya ingin tes corona , menurut dokter saya harus rapid tes anti gen atau rapid tes biasa ?

Terima kasih telah bertanya seputar tes covid-19 melalui fitur Tanya Dokter.

Rapid tes antibodi merupakan alat screening untuk mendeteksi ada tidaknya antibodi yang terbentuk di dalam tubuh terhadap virus. Tes ini menggunakan sampel darah dan hasilnya pun dapat cepat terlihat. Tapi, yang perlu diketahui, rapid tes antibodi bukanlah alat untuk mendiagnosis suatu penyakit, melainkan hanya untuk screening awal.

Sedangkan Rapid Test antigen adalah pemeriksaan dengan mendeteksi ada tidaknya virus corona di dalam tubuh menggunakan spesimen lendir dari hidung atau tenggorokan. Rapid test ini dibuat khusus untuk mendeteksi virus corona, jadi kalau sedang flu atau demam hasil tes seharusnya tidak reaktif. 

Sedangkan tes swab yang dilakukan pada tenggorokan dan hidung merupakan tes yang digunakan untuk mendiagnosis infeksi virus corona pada seseorang. 

Sebenarnya untuk gold standard atau bahan diagnosa covid-19 yang terbaik adalah menggunakan swab PCR, beserta pemeriksaan fisik ataupun penunjang lain yang dilakukan oleh dokter.

Saran saya, sebaiknya segera periksakan keadaan medis Anda dengan dokter terdekat, sehingga dokter tersebut bisa melanjutkan pemeriksaan lainnya terkait kondisi Anda.

Berikut kami sertakan artikel lain sebagai bahan bacaan lain Anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar