Sukses

Bronkopneumonia pada Anak

08 Feb 2021, 09:07 WIB
Pria, 40 tahun.

Dok sayah mau tanya anak sayah bayi baru lahir 3 Tapi ada kelainan dok hasil pemeriksaan Radiologi 1.Thorax PA Asil nya Telah dilakukan pemeriksaan Radiologi pasien tersebut di atas dengan hasil berikut Cor tidak membesar 2.sinuses dan diafragama normal 3.pulmo .Hilli normal 4.kesan : suspek bronkhopneumonia kanan Arti nya apa iya sayah kaga ngerti peyakit apa itu dok

Terima kasih telah bertanya seputar bronkopneumonia pada anak melalui Tanya Dokter.

Pada bayi, radang paru dalam dunia medis dikenal sebagai bronkopneumonia. Bronkopneumonia atau sering disebut pneumonia pada anak-anak merupakan peradangan yang mengenai jaringan paru, serta menimbulkan perlengketan jaringan paru dan gangguan pertukaran di dalam paru.

Terjadinya pneumonia bergantung pada banyaknya kuman, tingkat kemudahan dan luasnya daerah paru yang terkena serta daya tahan tubuh. Adapun yang merupakan faktor risikonya antara lain kebiasaan merokok, pasca infeksi virus, penyakit jantung kronik, diabetes mellitus, keadaan imunodefisiensi, kelainan atau kelemahan struktur organ dada serta penurunan kesadaran. 

Gejala klinis yang dapat ditemukan dapat ringan, berat, bahkan fatal. Adanya demam, batuk tidak berdahak ataupun berdahak dengan dahak kekuningan, nyeri dada, menggigil, serta nafas yang pendek adalah gambaran yang sering ditemukan.

Selain itu dapat juga ditemukan pasien dengan keluhan nyeri kepala, mual, muntah, diare, nyeri otot, nyeri sendi serta lemah lemas.

Infeksi ini disebabkan oleh bakteri (kuman) yang menyerang paru-paru anak. Pemeriksaan yang biasanya dilakukan adalah pemeriksaan rontgen, dapat juga kultur untuk melihat terdapat bakteri apa, serta pemeriksaan darah lengkap.

Pneumonia atau bronkopneumonia dapat disembuhkan apabila mendapatkan pengobatan yang adekuat. Untuk mendapat pengobatan yang tepat dan adekuat, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Selain itu Anda juga perlu menghindari paparan asap rokok, asap knalpot kendaraan/polusi, debu dan juga selalu menerapkan pola hidup sehat.

Demikian yang dapat kami sampaikan seputar bronkopneumonia pada anak, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar