Sukses

Obat Cacing Untuk Anak

04 Feb 2021, 12:30 WIB
Wanita, 37 tahun.

obat cacing untuk anak sebaiknya diberikan berapa bulan sekali???

Terima kasih telah bertanya dengan menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter

Obat cacing diberikan hanya kepada mereka yang terbukti cacingan. Gejala cacingan biasanya tidak khas. Bisa saja keluhan yang muncul berupa berat badan tidak naik, kurang nafsu makan, atau bila berat bisa sampai pucat (anemia) dan buang air besar keluar cacing. Sehingga, untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan tinja (feces) untuk melihat apakah ditemukan telur cacing atau larva cacing di feses. Jika anak tidak cacingan dan tidak ada gejala-gejala cacingan seperti anak menjadi rewel, lesu, pucat, berat badan menurun dan perut kembung, maka anak tidak perlu diberikan obat cacing. Bagaimana dengan anak Anda? 

Terdapat beberapa jenis obat cacing. Obat cacing biasanya diberikan single dose (1x pemberian) dan diulang 6 bulan berikutnya. Berdasarkan rekomendasi IDAI, anak diatas usia 2 tahun diperbolehkan menerima obat cacing. Namun, akan lebih baik jika pemberian obat ini harus di bawah pengawasan dokter.

Pencegahan cacingan dapat dilakukan dengan :

  • Cuci tangan dengan sabun setiap anak selesai bermain dan hendak makan
  • Menjaga kebersihan lingkungan sekitar anak
  • Menjaga kebersihan tempat bermain anak
  • Selalu gunakan alas kaki setiap kali keluar rumah
  • Jaga kebersihan makanan yang dikonsumsi oleh anak, dengan melakukan teknik pencucian makanan dan dengan cara memasak yang benar

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar