Sukses

Muntah dan Diare Habis Makan

02 Feb 2021, 23:21 WIB
Wanita, 22 tahun.

Sore dok, Saya mau tanayaDok, Kenapa saya habis makan nasi bakar kok tiba" Diare trs muntah" ,Kepala Pusing dan badan terasa lemes, apa nanti akan berpengaruh pada kandungan saya? Terimakasih

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Keluhan yang Anda alami bisa diakibatkan dari makanan yang dikonsumsi, seperti makanan yang sudah terkontaminasi dengan bakteri atau parasit; bisa juga berasa dari udang yang sudah tak segar.

Yang terpenting perlu diperhatikan pada keracunan makanan adalah pertolongan pertama, dengan memberikan cairan agar tidak banyak kehilangan cairan karena reaksi tubuh (muntah, diare, dll), terutama dalam 24 jam pertama. Namun jika keluhan tidak membaik dalam 24 jam pertama maka penderita perlu dibawa ke pusat kesehatan yang lebih lengkap untuk diagnosis dan penanganan serius.

Beberapa hal yang dapat dilakukan selama 24 jam pertama:

1. Banyak minum cairan secara perlahan-lahan/sedikit demi sedikit. Hindari minuman manis, alkohol maupun minuman mengandung kafein karena dapat memperparah diare. Teh dengan lemon atau jahe dapat membuat rasa nyaman dan membantu mengurangi gejala.

2. Hindari obat-obatan herbal yang tidak jelas karena dapat memperparah kondisi keracunan makanan.

3. Setelah gejala-gejala berkurang, perhatikan asupan nutrisi. Makanlah sedikit demi sedikit makanan yang agak padat namun lembut (kentang, roti, nasi yang tidak keras) dan hindari makanan berbumbu.

4. Hindari penggunaan obat-obatan yang tidak diketahui kegunaannya agar tidak memperparah kondisi.

Jika dalam 24 jam pertama, tidak menunjukkan adanya perbaikan gejala keracunan makanan, maka pernderita membutuhkan perawatan yang lebih intensif.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui PlayStore/ Android: https://www.klikdokter.com/download dan untuk App Store  https://app.adjust.com/n01yug7 kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar