Sukses

Rahim Turun Apakah Bisa Hamil Lagi?

29 Jan 2021, 07:51 WIB
Wanita, 38 tahun.

pagi dokter,sy mau menanyakan mengenai rahim yg turun apa bs pya ank lg stlh ank sy yg kedua usia 13thn.dan sy sdh tdk pkai alat kb lg smjk ank kedua sy usia1thn dikrnkn sy kelebihan hormon dn memiliki kljar disktr pydra sy,dikrnkn sy tdk menyusui ank sy dr yg prtma dn kedua,sy sdh 10thn ini kpgn pya ank lg yg ke 3 tp tdk hmil2.smtra sy sdh prksa kermh skt yg berbeda2 didaerah sy ke dktr spog,apa ada mslh dg rahim sy tryta hsl usg dr ke 3 rmh skt rahim sy masih subur hya sj agak turun,apakh krn rahim trn sy tdk bs hamil lg dokter .trm ksh dokter

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Peranakan turun atau rahim turun atau disebut dengan prolapsus uteri umumnya disebabkan karena kelemahan otot daerah panggul akibat dari berbagai hal, diantaranya karena melahirkan terlalu sering atau operasi di daerah panggul.

Gejala yang dapat timbul berbeda-beda pada setiap individu. Kadang-kadang meskpi prolapsus uteri yang berat, namun gejala nya dapat tidak ada, dan sebaliknya. Keluhan yang umum:

* Terasa ada yang mengganjal/menonjol di vagina atau perasaan berat pada perut bawah.

* Riwayat nyeri dipinggang dan panggul yang berkurang atau hilang dengan berbaring.

* Buang air kecil sedikit-sedikit namun sering, tak puas hingga tidak dapat menahan BAK.

* Gangguan saat buang air besar, seperti tidak dapat BAB

* Gangguan saat hubungan intim, berjalan ataupun bekerja

* Keputihan

* Luka lecet pada bagian peranakan yang sudah keluar dan mengenai celana dalam

* Gangguan kesuburan

* Gangguan haid

Memang, keluhan yang Anda rasakan dapat bermakna banyak. Untuk memastikannya adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Peranakan yang turun merupakan dugaan terakhir, jika berdasarakn usia anda, karen ajarang terjadi diusia muda.

Selain saat ini Anda belum tau pasti benar tidaknya peranakan Anda turun, maka sebaiknya anda memeriksakan diri kepada dokter spesialis kebidananan dan kandungan untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar