Sukses

OTG COVID-10 dan Isolasi Mandiri

01 Feb 2021, 08:41 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok saya kan otg ya dan merasa sehat aja, untuk beraktifitas kembali apa bisa setelah isoman selama 7 hari lalu melakukan swab lagi, bila negatif apa bisa langsung beraktifitas seperti biasa?

Terimakasih sudah bertanya seputar OTG Covid-19 dan isolasi mandiri dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Dalam Pedoman Pengendalian dan Pencegahan Covid-19 disebutkan pasien terkonfirmasi tanpa gejala wajib melakukan isolasi mandiri minimal 10 hari sejak pengambilan spesimen diagnosis konfirmasi (tanggal dilakukan swab). Apabila bergejala ringan-sedang, isolasi ditambah 3 hari bebas gejala. 

Jika sudah melakukan isolasi mandiri selama 10-14 hari dan tidak ada gejala, sudah di nyatakan sembuh dan tidak perlu melakukan tes swab ulang. Tes ulang swab biasanya akan dilakukan pada pasien dengan gejala berat atau kritis. 

Demikian yang bisa kami sampaikan seputar OTG Covid-19 dan isolasi mandiri, semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • din******ardo

    Mat malam dokter2. Saya mau bertanya. Saya 14 hari lalu rapid test dgn hasil positif. Jadi saya isoman 14 hari dengan mengkonsumsi vit c,d,e makan makanan 4 sehat Selama isoman saya mengalami pilek. Selama 5 hari. Setelah 14 hari saya melakukan PCR dfn hasil masih terdeteksi dgn nilai CT 33. Nilai rujukan CT sari klinik 42. Apa saya harus isoman lagi selama 14 hari? Terima kasih.