Sukses

CIN3

29 Jan 2021, 07:43 WIB
Wanita, 36 tahun.

Saya menghidap CIN3. Saya sudah menemui doktor dan di nasihatikan supaya di operasi (uterus and ovary to be remove). Tapi saya belum bersedia sampai sekarang. Dan doktor masih menunggu keputusan saya. Saya ingin minta pendapat dan nasihat sekiranya ada cara lain untuk menghilangkan penyakit ini selain harus di operasi? Terima Kasih.

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Ibu

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Kanker leher rahim/serviks adalah kanker yang terjadi pada area leher rahim yaitu bagian rahim yang menghubungkan rahim bagian atas dengan vagina. Usia rata-rata kejadian kanker leher rahim adalah 52 tahun, dan distribusi kasus mencapai puncak 2 kali pada usia 35-39 tahun dan 60 – 64 tahun.

Operasi dan terapi radiasi adalah 2 modalitas utama di dalam penanganan kanker leher rahim invasif. Pada umumnya, operasi terbatas pada pasien dengan stadium I dan IIA, sementara radiasi dapat dilakukan pada semua stadium dari penyakit. Kemoterapi merupakan penanganan pada pasien dengan stadium IVB atau mereka dengan kanker yang rekuren (sering kambuh) yang tidak dapat dilakukan terapi radiasi maupun operasi. Masing-masing stadium memiliki pilihan terapi utama yang dilakukan.

Langkah yang harus ditempuh untuk menangani kanker serviks sangat tergantung dari ukuran dan penyebaran kanker tersebut. Namun perlu diingat untuk kanker stadium lanjut, seperti IIIA perlu dilakukan langkah segera. Penanganan yang tidak tepat menyebabkan kanker semakin menyebar sehingga memperburuk keadaan. Berbagai langkah terapi beserta nilai plus dan minusnya dapat anda komunikasikan dengan dokter yang menangani anda, agar diskusi berjalan sesuai dengan keadaan anda saat ini. 

Baca juga

5 Hal yang Perlu Wanita Tahu tentang Kanker Serviks

Bisakah Pria Tertular HPV dari Penderita Kanker Serviks?

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar