Sukses

Kopi dan Hipertensi

26 Jan 2021, 11:08 WIB
Wanita, 21 tahun.

Saya penderita hipertensi, tapi saya penyuka kopi pahit kadang tanpa gula. pertanyaan saya apakah sy harus berhenti minum kopi sedangkan ketika saya merasa pusing lalu minum kopi malah sembuh atau jilang pusingnya. Perlu d ketahui saya minum kopi hanya ketika terasa pusing saja

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kopi adalah salah satu minuman yang banyak digemari. Minum kopi memang bisa bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya meredakan nyeri kepala. Tapi, ada batasan dalam mengonsumsi kopi. Jumlah tersebut adalah 200 gram perhari atau setara dengan 1-2 cangkir kopi.

Pada secangkir kopi terkandung kafein yang memang dapat meningkatkan kerja jantung dan membuat tekanan darah meningkat. Pada pasien hipertensi, boleh tidaknya konsumsi teh dan kopi sangat bergantung pada pengukuran tensi dan kestabilan tensi dengan obat- obatan.

Jadi, karena Anda penderita hipertensi, sebaiknya Anda membatasi konsumsi kopi perhari agar tekanan darah tetap dapat terkontrol. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar