Sukses

Belum Haid Setelah Melahirkan

25 Jan 2021, 17:40 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok kan saya habis melahirkan 7bln yang lalu,dan saya sudah 4bln ini blm menstruasi dan saya ngerasain pinggul kanan saya sakit,mual gak nafsu mkn, sering buang air kecil itu knp yh dok. ūüôŹ

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Siklus haid tiap wanita memang berbeda-beda. Setelah melahirkan juga kadang kala siklus haid mengalami perubahan. Biasanya siklus haid kembali normal setelah 2 - 24 bulan setelah melahirkan. 

Saat 6 bulan pertama setelah melahirkan apabila Anda memberikan ASI eksklusif, maka akan terjadi yang namanya metode kontrasepsi alami sehingga pada beberapa wanita akan tidak mengalami haid selama 6 bulan tersebut. Hal ini terjadi karena saat Anda memberikan ASI maka isapan bayi pada payudara menekan hormon- hormon reproduksi sehingga mencegah terjadinya ovulasi yang dapat memicu haid. Ini dikenal dengan sebutan MAL ( metode amenore laktasi). Ini dapat menjadi salah satu alasan Anda belum haid setelah melahirkan.

Penyebab lain yang mungkin dapat terjadi pada Anda, yaitu karena penggunaan kontrasepsi sehingga haid menjadi tidak lancar. Karena penggunaan KB tersebut dapat mempengaruhi hormon reproduksi seperti estrogen dan progesteron yang mengatur siklus haid.

Untuk mengetahui penyebab pasti keluhan Anda, silahkan berkonsultasi langsung ke dokter kebidanan agar dapat dievaluasi lebih lanjut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar