Sukses

Penggunaan Krim Kortikosteroid Jangka Panjang

25 Jan 2021, 16:17 WIB
Wanita, 20 tahun.

2 bulan yang lalu saya pergi ke dokter kulit karena ada ruam merah diwajah saya yang tidak hilang, kemudian saya di resepkan cream untuk pelembab. racikan tersebut adalah biocream dan elocon cream (mometasone furoate 0.1%), setelah dipakai kemerahannya hilang. saya masih pakai cream tersebut sampai sekarang. namun apakah krim tersebut boleh digunakan dalam jangka panjang? saya takut karena cream tersebut mengandung kortikosteroid dan akan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. namun dokter yang saya kunjungi bilang apabila saya ingin memakai cream itu lagi silahkan saja, jadi apakah cream tersebut aman??

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Krim kortikosteroid memang sering kali digunakan untuk mengatasi masalah kulit, seperti eksim, dermatitis, dan sebagainya. Pemakaian kortikosteroid sebaiknya tidak digunakan dalam jangka panjang, karena dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan. 

Jangka waktu penggunaan krim tersebut tergantung dari keparahan penyakit Anda. Penggunaannya bisa 2-4 minggu dan berbeda-beda pada tiap penyakit. Oleh karena itu, apabila ruam kemerahan Anda sudah membaik, boleh dihentikan penggunaannya. Untuk lebih pasti, Anda bisa kontrol kembali ke dokter kulit Anda sebelum menggunakan kembali krim kortikosteroid tersebut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar