Sukses

Kulit Bruntusan setelah Berhenti Menggunakan Krim

13 Jan 2021, 17:58 WIB
Wanita, 52 tahun.

Siang dokter, saya mau tanya setelah tidK memakai krim perawatan dr dokter dermatologi. Kulit saya jd beruntusan. Terutama di daerah pipi dekat bibir. Mmg saya berobat ke doktet dermatilogi karena kulit wajah saya mengalamk melasma atau flek hitam di dahi kiri & kanan. Saat ini saya bingung utk memakai krim yg lain. Karena kuatir jd ketergantungan spt krim yg semula. Itu saja pertanyaan sy. Tks dojter

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. Penting untuk mengetahui zat aktif yang terkandung dalam krim yang selama ini Anda gunakan. Sebab, tiap jenis zat aktif yang terkandung dalam krim kulit bisa memberikan efek samping yang berbeda-beda.

Kulit yang sudah biasa dirawat dengan menggunakan krim kulit mengandung zat aktif, tentunya besar kemungkinan mengalami reaksi saat terhenti menggunakan krim kulit. Sebab, krim kulit yang selama ini digunakan mungkin memberikan efek seperti meningkatkan pembaruan kulit dengan lebih cepat, atau efek-efek lainnya (tergantung zat aktif yang terkandung), dan ketika krim dihentikan maka penumpukan kulit mati akan semakin terlihat.

Contoh gejala lain yang bisa timbul saat berhenti krim kulit misalnya kulit kemerahan dan rasa seperti terbakar. Hal ini dapat disebabkan oleh zat yang terkandung dalam krim wajah. Biasanya zat bernama Tretinoin lah yang menjadi penyebabnya. Zat ini merupakan bentuk asam dari vitamin A yang dapat membentuk struktur atau lapisan kulit baru untuk menggantikan lapisan kulit luar yang rusak.

Infokan keluhan ini kepada Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang menangani Anda, terutama untuk memastikan apakah memang reaksi ini normal (karena butuh waktu sebelum kulit beradaptasi pada kondisi tanpa menggunakan krim kulit). Namun untuk kondisi keluarnya nanah, itu adalah kondisi infeksi bakteri. Apakah Anda sering menyentuh bruntusan pada wajah dengan tangan kotor? Hal ini sebaiknya Anda hindari.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar