Sukses

Anak 15 bulan belum bisa jalan

19 Jan 2021, 10:55 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, saya mau tanya.. Anak saya usianya 15 bulan, tapi baru tumbuh 4 gigi dan belum bisa jalan, apa itu masih umum atau ada masalah kesehatannya ya dok?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Perkembangan setiap anak tergantung dari berbagai faktor, namun satu hal yang pasti, normal tidaknya seorang anak harus dipadankan dengan usia anak tersebut. Selain itu perkembangan anak pun bertahap. Misalnya, sebelum bisa berjalan anak akan bisa berguling, duduk, merangkak, dan berdiri terlebih dahulu. Bagaimana dengan anak anda?

Pada anak berusia 15 bulan sudah dapat berjalan. Keluhan tidak dapat berjalan dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, bisa karena gangguan otot atau berupa keterlambatan perkembangan yang lain. Namun untuk mengetahui penyebab dari keluhan ini diperlukan pemeriksaan menyeluruh pada anak Anda. Kami sarankan Anda memeriksakan anak Anda ke klinik dokter terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut. Bisa jadi tidak ada sesuatu yang serius, namun tidak ada salahnya dilakukan pemeriksaan yang lebih lengkap untuk mendeteksi kelainan yang ada.

Sementara itu, hal berikut dapat Anda lakukan untuk stimulasi anak agar cepat berjalan:

• Sebisa mungkin tidak menggendong anak.

• Letakkan mainan menarik di dekatnya dan ajak ia mengambil mainan itu dengan berdiri dan berjalan.

• Selama belum bisa lancar berjalan, sebisa mungkin hindari penggunaan alas kaki. Alas kaki akan mempersulit ia berlatih berjalan.

Perkembangan Gigi dan Mulut Anak

Gigi Anak Terlambat Tumbuh, Haruskah Khawatir?

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar