Sukses

Seputar Donor Plasma Konvalesen COVID-19

18 Jan 2021, 09:08 WIB
Wanita, 46 tahun.

Selamat malam dok. Saya seorang Ibu dari 4 anak. Saat ini saya sudah sehat dari terpapar covid 19. Akan tetapi ketika sakit saya tidak periksa, saya karantina mandiri sekeluarga dengan prokes ketat. Minum Vit D, C, E. Minum madu dan herball. Makan dan minum dengan menu sehat, buahnya pisang, jeruk dan alpukat itu yang kami konsumsi setiap hari selama karantina mandiri. Kami sudah 3 minggu karantina mandiri dan sehat. Hasil rapid antigen tgl 4 Januari 2021 dinyatakan negatif. Bisakah saya mendonorkan plasma darah saya? Karena kami tidak ada bukti ketika kami terpapar kemarin. Berdasarkan gejala dan hasil tracking kami memang terpapar covid kemarin. Setelah kami sehat baru kami melakukan rapid antigen itu. Terima kasih atas jawabannya.

Terima kasih telah bertanya seputar syarat donor plasma konvalesen COVID-19 melalui Tanya Dokter.

Dari informasi yang Anda berikan, kami simpulkan bahwa Anda belum pernah didiagnosa secara resmi oleh dokter yang kompeten berdasarkan pemeriksaan fisik atau penunjang bahwa terinfeksi COVID-19. Namun, ada salah satu cara mendeteksi infeksi yang telah lalu yaitu dengan memeriksa antibodi serum spesifii IgG anti SARS-COV-2 (COVID-19), yaitu antibodi yang terbentuk meski infeksi telah dinyatakan sembuh. Berdasarkan surat edaran Kemenkes bulan Desember 2020, syarat pendonor plasma konvalesen adalah:

  • Usia 17 sampai 60 tahun
  • Bagi pendonor wanita belum pernah hamil
  • Dinyatakan sembuh dari COVID-19 dengan hasil swab PCR negatif
  • Tidak memiliki komorbiditas seperti diabetes, hipertensi, kanker, dan penyakit saluran pernafasan lain
  • Dinyatakan negatif dari penyakit infeksi menular lewat transfusi darah
  • Memiliki golongan darah ABO dan rhesus yang harus kompatibel dengan kandidat penerima plasma
  • Memiliki titer antibodi serum spesifik IgG anti SARS-COV-2 lebih dari 1:320

Kami sarankan Anda untuk mengecek kondisi ini ke pusat penerimaan donor plasma konvalesen, jika ada pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk memastikan bahwa Anda dan keluarga memenuhi syarat untuk berdonor maka Anda dapat melakukan donor tersebut sesuai prosedur.

Demikian informasi seputar donor plasma konvalesen COVID-19 yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

 

1 Komentar