Sukses

Menyikapi Kondisi Prediabetes

18 Jan 2021, 09:08 WIB
Pria, 36 tahun.

apakah Pradiabetes Bisa di sembuhkan??? 16 Jan 2021 15:29 WIB 0 komentar Assalamualaikum, saya mau tanya dokter saya hendra Usia 36 tahun tinggi 160cm berat badan 60 kg,tadi pagi saya cek gula darah di lab Prodia setelah puasa 10 jam(diminta petugasnya) dan hasilnya 109,setahu saya itu di atas normal cek gula darah puasa (kurang dari 100) dan di atas 100-125 di sebut Pradiabetes 1.apakah Pradiabetes Bisa di sembuhkan??? 2.Apa yang harus saya lakukan??? Terima kasih dokter

Terima kasih telah bertanya seputar prediabetes melalui Tanya Dokter.

Hasil gula darah puasa 109 mg/dL memang tergolong prediabetes.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah prediabetes menjadi diabetes.

  • Konsumsi makanan sehat. Pilih makanan yang rendah lemak dan kalori, serta tinggi serat. Perbanyak makan buah, sayur, dan biji-bijian. Keragamannya pun perlu diperhatikan agar berbagai zat gizi bisa tercukupi.
  • Lebih aktif bergerak. Miliki target 30-60 menit per hari untuk beraktivitas fisik, paling sedikit 5 hari dalam seminggu. Aktivitas yang dipilih ialah aktivitas aerobik dengan intensitas sedang seperti berjalan, jogging, berenang, bersepeda, atau senam aerobik.
  • Kurangi berat badan. Obesitas sangat berhubungan dengan prediabetes dan diabetes. Menurunkan 5-10% dari berat badan semula dapat pula menurunkan risiko diabetes. Untuk menjaga berat badan di rentang normal, fokus pada perubahan permanen terhadap pola makan dan aktivitas fisik Anda. Motivasi diri Anda dengan selalu mengingat manfaat menurunkan berat badan, seperti jantung yang lebih sehat, lebih berenergi, serta lebih percaya diri.
  • Berhenti merokok.
  • Gunakan obat-obatan bila perlu. Kadangkala dokter memberikan metformin pada prediabetes yang berisiko tinggi menjadi diabetes agar penurunan kadar gula darah lebih optimal. Obat-obatan lain juga kadang diberikan untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Jika tidak dilakukan perubahan gaya hidup, rata-rata 5-10% orang dengan prediabetes akan berkembang menjadi diabetes tipe 2. Karenanya, langkah yang Anda pilih menjadi krusial apakah akan memperlambat bahkan menghentikan perkembangan prediabetes menjadi diabetes.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar penanganan prediabetes. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar