Sukses

Bisakah Gigi Bungsu Merubah Susunan Gigi Setelah Behel Gigi

17 Jan 2021, 22:20 WIB
Wanita, 17 tahun.

Halo Dok, saya ingin bertanya mengenai gigi bungsu saya yang baru-baru ini diketahui tumbuh (4 buah gigi) setelah lima tahun pemakaian behel. Satu gigi tumbuh keluar gusi, sedangkan tiga yang lainnya tumbuh didalam (2 diantaranya tumbuh miring). Untuk saat ini saya tidak merasakan keluhan apa-apa, entah itu ngilu ataupun pusing. Beliau menyarankan saya untuk menjalankan operasi pengangkatan gigi bungsu. Apakah pencabutan gigi bungsu pada pasien berbehel sepenting itu? Lalu, apakah gigi bungsu berpotensi besar merusak susunan gigi pasien yang sudah tidak menggunakan behel? Terima kasih sebelumnya, Dok

Terimakasih telah bertanya tentang bisakah gigi bungsu merubah susunan gigi setelah behel gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan, kami ingin menjelaskan sedikit tentang pertumbuhan gigi geraham bungsu. Memang pengangkatan gigi bungsu pada pengguna behel perlu dipertimbangkan. Karena erupsi (pertumbuhan) gigi geraham bungsu memang dapat menyebabkan posisi gigi yang sudah dibetulkan oleh perawatan bracket menjadi berubah (relaps). Hal ini disebabkan karena adanya dorongan dari gigi geraham yang akan tumbuh untuk menembus gusi dan tulang, ditambah lagi jika posisi benih gigi tidak tegak melainkan miring sehingga mendorong gigi sebelahnya dan akan berdampak pada gigi-gigi lain. Tidak ada dorongan dari gigi geraham yang akan tumbuh pun masih ada kemungkinan untuk relaps, apalagi pada pasien yang masih dalam tahap tumbuh kembang.

Jika anda masih ragu untuk melakukan pengangkatan gigi bungsu, mungkin bisa ditunda dulu dan anda bisa coba menggunakan retainer setelah selesai perawatan behel gigi. Namun anda harus disiplin dalam menggunakan retainer. Bila pada suatu waktu retainer anda tidak bisa digunakan lagi, maka itu tandanya gigi bungsu perlu dilakukan pencabutan supaya tidak merusak susunan gigi yang sudah rapih.

Saya sarankan Anda untuk tetap berdiskusi ke dokter gigi yang merawat Anda, karena apa yang dapat saya kemukakan disini hanya berdasarkan asumsi dan tidak menggantikan pemeriksaan klinis. 

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

Rontgen Gigi Sebelum Pasang Behel, Perlukah?

Masalah Kesehatan Gigi yang Mengintai Pengguna Behel

Perawatan Behel yang Terlalu Lama Bikin Gigi Ngilu?

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai bisakah gigi bungsu merubah susunan gigi setelah behel gigi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar