Sukses

Beruntusan di Wajah

15 Jan 2021, 16:11 WIB
Wanita, 19 tahun.

hallo dok,saya ami umur saya 19 begini dok saya seorang aktivis,kulit saya sangat sensitif dan mudah berjerawat akhirnya saya putuskan untuk memakai sebuah brand kosmetik untuk menghilangkan jerawat,teman saya pun juga memakainya,suatu hari saya berkunjung di sebuah pemukiman terpencil pada siang hari,dan disitu saya tidak berani memakai krim saya jadi selama 2 hari saya berhenti memakkai krim karena takut terpappar sinar matahari,kemudian wajah saya sering di gigit nyamuk,hingga menimbulkan ruam di wajah saya yang berlanjut dengan bruntusan kecil kecil berwarna putih,dan itu sangat gatal juga perih.jadi mohon bantuannya dok karena sebentar lagi saya akan ada acara eluarga dan itu sangat membuat saya tidak PD,terimakasih dok mohon bantuannya

Terima kasih telah bertanya seputar beruntusan di wajah melalui fitur Tanya Dokter.

Bruntusan pada wajah bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya kulit berjerawat dan berminyak, ketidakcocokan dengan krim kecantikan tertentu, alergi, biang keringat, dll. Bila disebabkan oleh biang keringat (penyumbatan saluran kelenjar keringat), maka menggunakan bedak jenis salicyl dan mencuci muka dengan rutin adalah salah satu jalan keluarnya.  

Untuk bruntusan yang berkaitan dengan kulit wajah berminyak dan berjerawat, maka penanganan kulit berjerawat adalah hal yang utama. Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini: 

  • Stress
  • Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  • Keturunan/ Genetik
  • Bakteri di pori-pori kulit

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan kondisi Anda langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat diketahui penyebab bruntusan yang anda alami.

Berikut beberapa artikel lain yang bisa Anda jadikan referensi bacaan.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar