Sukses

Jenis Kulit

15 Jan 2021, 16:25 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok mau tanya wajah saya kalo dari dekat kok gk mulus kayak ada bentol2 kecil itu bruntusan apa pori pori saya? Dan saya bingung kulit say ini termasuk tipe apa? Saya sudah browsing2 di google dan youtube tapi saya tidak yakin karena kulit saya tidak sering jerawatan tidak berminyak berlebihan juga tidak kering tapi hidung saya kasar itu termasuk tipe kulit apa ya dok? Truss saya harus pake produk yang mengandung apa yang cocok utk kulit saya & menghilangkan bentol2 tadi? Saya takut salah langkah jadi saya tanya saya udah pake beberapa produk sebelumnya tidak apa2 tapi kenapa sekarang begini? Apa tidak cocok? Kakak saya bilangnya gitu soalnya Tapi saya tidak merasa begitu soalnya kalo gk cocok kan kulit akan terasa panas, berjerawat dan berminyak tapi saya tidak

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Secara garis besar terdapat 5 jenis kulit, yaitu kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi dan kulit sensitif. Adapun berikut ciri -ciri setiap jenis kulit :

-Normal : tidak tampak pori - pori besar, tampak kenyal dan lembab, masalah komedo atau jerawat sedikit 

-Kering : tampak kusam, kering, mudah merah, terasa gatal, wajah seperti tertarik

-Berminyak : pori - pori tampak membesar, tampak mengkilap terutama di T zone, komedo dan jerawat sering timbul

-Kombinasi : ada sebagian wajah yang kering dan berminyak. Umumnya daerah yang bermiyak meliputi dahi, hidung dan dagu

-Sensitif : mudah merah, muncul rasa panas, gatal berlebihan, kulit tampak kering bahkan bisa mengelupas

Jika Anda merasa kulit wajah Anda tidak berminyak berlebihan dan tidak kering, bisa saja jenis kulit Anda adalah normal. Hanya saja di bagian hidung ada bruntusan sehingga terasa kasar. 

Bruntusan di hidung ini bisa disebabkan karena komedo. Komedo atau bruntusan dapat muncul akibat tersumbatnya pori-pori kulit dengan kotoran, kuman, bakteri, hingga minyak wajah yang berlebih. Oleh karena itu, Anda harus rutin mencuci muka, minimal 2x sehari untuk mengangkat kotoran di kulit wajah. Untuk menghilangkannya Anda dapat menggunakan skincare yang mengandung tea tree oil atau asam salisilat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar