Sukses

Menghilangkan Bekas Luka

15 Jan 2021, 14:42 WIB
Pria, 20 tahun.

dok mau tanya, jadi saya wkt SD pernah kena herpes di bagian pinggang dan paha saya. nah sampai skrg sudah sembuh tidak ada gatal atau nyeri sama sekali, tetapi masih ada bekasnya yg menghitam sampai skrg. kira" ngilanginnya pakai apa ya dok ? saya baca di internet ktnya pakai salep yg mengandung hydroqionone ? 1 lg ni dok, kalo herpesnya udh gk pernah muncul" lg sampe skrg apakah virusnya udh jd imun di tubuh apa gmn ya dan apakaah msh bs menular ke org lain dok ? trimakasih..

Terima kasih telah bertanya seputar cara menghilangkan bekas luka melalui fitur Tanya Dokter.

Bekas luka yang terjadi pada kulit dapat meninggalkan bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), atau menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi) atau menjadi jaringan berlebih (keloid).

Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari.

Penanganan bekas luka yang menghitam ini bergantung pada ukuran dari hiperpigmentasi dan sudah berapa lama terjadi. Untuk itu, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan yang optimal.

Berikut kami sertakan artikel lain sebagai bahan bacaan anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar