Sukses

Kelenjar ludah bengkak

15 Jan 2021, 12:09 WIB
Wanita, 45 tahun.

kelenjar ludah di pipi atas kanan saya bengkak dan keras sudah 2 bln ini bagaimanakah sy menyembuhkannya dikter

Terima kasih telah bertanya seputar kelenjar ludah bengkak melalui fitur Tanya Dokter.

Kelenjar Parotis adalah salah satu kelenjar ludah yang utama yang terletak di sudut rahang bawah dan di bawah daun telinga. Jika terjadi pembengkakan, telinga akan terdorong ke atas. Hal ini yang membedakan pembengkakan kelenjar parotis dari pembengkakan kelenjar limfe yang berada pada daerah yang sama.

Penyebab pembengkakan kelenjar parotis yang sering terjadi adalah karena peradangan kelenjar parotis yang disebut dengan parotitis atau gondongan. Lebih sering terjadi pada anak-anak, bila menyerang orang dewasa maka gejalanya dapat lebih berat dari pada jika terjadi pada anak-anak. Parotitis merupakan suatu penyakit yang mudah menular yang disebabkan oleh infeksi virus (Paramyxovirus) ataupun infeksi bakteri (S.aureus, dll).

Parotitis dapat ditularkan melalui percikan ludah penderita yang berasal dari bersin, batuk, bahan muntahan atau karena bersentuhan langsung dengan benda-benda yang terkontaminasi ludah penderita. Untuk mencegah penularan adalah dengan membatasi kontak, penggunaan barang bersama dengan  penderita parotitis dan dengan mencuci tangan.

Penyakit ini sebenarnya dapat sembuh sendiri. Pengobatan yang diberikan hanya ditujukan untuk mengatasi keluhan-keluhan yang dirasakan. Biasa diberikan analgetik dan antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri.

Untuk detail diagnosis dan terapi yang diperlukan, sebaiknya segera periksakan keadaan Anda dengan dokter.

Berikut kami sertakan artikel lain sebagai bahan bacaan anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar