Sukses

Kutil pada Kuilt

14 Jan 2021, 09:53 WIB
Wanita, 29 tahun.

Maaf dok,saya mau tanya..say punya kutil awalnya cuma 1di daerah kejar,lama jadi ada beberapa biji,ada yg di ketiak juga dok.saya liat di YouTube ,katanya kutil bisa diobati dgn bawang putih,say pun mencobanya.beberapa da yg copot,tp kulit melepuh seperti terbakar.masih da yg agak besar hampir sebesar biji jagung,belum copot juga.mlah serem.n kemaren di daerah Deket maf Deket anus n vagina seperti ada bintik" kecil 3 biji.mohon sarannya dok.sya takut menular jadi banyakūüė≠

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Kutil merupakan kelainan kulit yang berasal dari penebalan lapisan luar kulit secara berlebihan. Tujuan terapi penghilangan kutil adalah untuk memusnahkan dan menghilangkan kutil tanpa menimbulkan luka baru. Penatalaksanaan kutil adalah dengan mengetahui tipe kutil, lokasi, dan gejalanya. penanganan kutil tidak selalu berhasil walaupun sudah menghilang terkadang akan timbul kutil yang baru. hal ini dikarenakan penatalaksanaan tidak menghilangkan virus penyebab kutil.

Kutil ini dapat dirawat sendiri di rumah. Obat kutil bisa dibeli di toko obat atau apotek. Carilah produk yang mengandung asam salisilat untuk mengelupas kulit yang terinfeksi. Penatalaksanaan kutil lainnya, berupa:

- cryotherapy

- obat dengan asam retinoit

- operasi dengan elektrosurgery dan kuret ataupun laser

- peeling kimia

Saya sarankan Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter kulit untuk dilakukan evaluasi dan menentukan perawatan apa yang tepat untuk mengatasi kutil tersebut.

 

Baca Juga

Cara Aman Menghilangkan Kutil di KulitKutil, Perlukah Diwaspadai?Kutil di Leher Bisa Menular, Ketahui Cara Menghindari dan Mengatasinya  

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar