Sukses

Kulit Kuning

14 Jan 2021, 09:09 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, saya udah jalani diet defisit kalori selama mau setahun tapi selama itu jugak BAB tidak lancar dan warna kulit kekuningan. Apa ada yg salah ya dok? Setelah saya cari² info, bbrp ciri² anorexia ada yg cocok dg saya. Saya jadi takut.

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kulit bagian mana sajakah yang Anda maksud? Apakah bagian mata Anda juga berwarna kuning? Sejak kapan keluhan ini terjadi? Jika hal ini sudah terjadi sejak Anda kecil atau dilahirkan dan tidak disertai dengan keluhan lain maka kemungkinan hal ini hanyalah variasi normal warna kulit dan konjungtiva mata Anda dan bukan sesuatu yang membahayakan. Namun, jika hal ini belum lama terjadi maka perlu ditelusuri lebih jauh mengenai kondisi kesehatan Anda saat ini. Mungkin diperlukan pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar bilirubin (pigmen yang diproduksi hati yang dapat membuat keluhan kulit dan mata berwarna kuning) dalam darah Anda.

Konsumsi wortel yang berlebihan juga dapat menyebabkan kulit berubah warna menjadi kekuningan, dan biasanya perubahan warna ini akan di mulai di  daerah telapak tangan dan kaki, namun tidak pada bagian mata. Wortel dan sayur-sayuran yang berwarna banyak mengandung karotene, yaitu suatu lipochrome yang secara normal akan menambah warna kuning pada kulit. Dengan tingginya kadar karotene di dalam darah maka kemungkinan terjadinya perubahan warna pada kulit akan semakin meningkat. Kondisi ini tidaklah berbahaya, dan akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa hari.

Kami sarankan agar Anda melakukan pemeriksaan langsung ke dokter agar dapat dilakukan evaluasi untuk mengetahui penyebab keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar