Sukses

Apakah KB Hormonal Sebabkan Rahim Kering?

12 Jan 2021, 21:54 WIB
Wanita, 17 tahun.

apakah kalau mengkonsumsi pil kb selama 3 tahun bisa rahim kering dan susah punya anak? dan saya belum punya anak.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Pemberian KB yang Anda konsumsi mengandung hormon reproduksi sintetik (progestogen dan kombinasi estrogen-progestogen) yang berfungsi untuk mengatur hormon dalam tubuh manusia guna mencapai manfaat yaitu mencegah terjadinya kehamilan. Jadi pemberian obat hormon tersebut dapat mempengaruhi tubuh dengan menghambat pengeluaran sel telur dari indung telur. Jadi bukan mengakibatkan rahim kering seperti yang Anda sebutkan. 

Keluhan susah punya anak setelah pemakaian KB hormonal dikarenakan efek dari hormon tersebut yang dapat menganggu kesuburan. Pengembalian kesuburan setelah pemakaian pil KB kombinasi bervariasi, antara 3 - 12 bulan setelah kontrasepsi dihentikan. Namun, perlu dievaluasi juga apakah ada masalah di organ reproduksi baik wanita maupun pria. Dari wanita apakah sel telur bermasalah atau tidak, ada sumbatan di indung telur atau tidak, apakah ada kelainan seperti kista, mioma. Sedangkan pada pria, perlu dinilai bagaiamana kualitas dan kuantitas spermanya.

Apabila Anda ingin melakukan program hamil sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar