Sukses

Mengatasi Depresi

10 Jan 2021, 16:58 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, temen saya sepertinya mengalami gejala depresi akhir-akhir ini pikirannya hanya ingin mau mati saja karena sudah capek dengan masalahnya tapi dia tau dosa dia banyak tapi nanti dia bepikiran mau mati saja lagi begitu berulang-ulang. Dia juga pernah self harming tapi akhir-akhir ini sudah dikurangi. Jika dia sedang kacau banget dia mengurung diri di kamarnya nanti cuman saya dulu yang boleh masuk kalau dia sudah agak tenangan atau pengen dipeluk atau nanti dia keluar sendiri. Dia juga gatau diri dia kenapa dan saya bingung harus gimana atau memberi solusi atas masalah keluarga dia karena hampir dia mengalami perubahan semenjak masalah keluarga tsb. Saya cuman bisa nenangin sama meluk dia kalo dia sedang nangis sama melawak biar dia ketawa lagi. Dia sendiri juga gapengen pergi kek ke psikiater gitu2 dok. Saya cuman bisa nemenin dia tapi menurut saya itu gacukup buat dia jadi tekadang saya bingung sebenernya yang paling bener menurut Dokter harus gimana? Dia ini juga tekadang cerita sama saya melalui via WA atau telepon saya tekadang kikuk menanggapinya saya cuman bisa kasih semangat tapi menurut saya lagi-lagi itu gacukup kayak seperti mesti harus ada yang saya lakukan tapi saya gatau itu apa dok.

Terima kasih telah bertanya tentang depresi melalui fitur Tanya Dokter.

Depresi ditandai dengan kondisi murung, kinerja menurun, sulit berkonsentrasi, sulit tidur dan makan, dan bahkan muncul keinginan untuk menyakiti diri hingga bunuh diri. Itu artinya depresi sudah mulai menyerang.

Sebaiknya Anda menyarankan keluarga teman Anda dan teman Anda untuk dibawa ke dokter spesialis jiwa (psikiater) dan psikolog, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Untuk saat ini yang bisa disarankan kepada teman Anda adalah :

1. Sempatkan diri untuk melakukan hobi atau lakukan me time agar tercipta perasaan tenang dan senang.

2. Jadwalkan hari libur rutin dan manfaatkan waktu cuti untuk melakukan hal yang menyenangkan.

3. Mencari akar masalah yang di hadapi. Kemudian, segera cari jalan keluarnya.

4. Prioritaskan waktu bersama keluarga atau orang yang disayangi.

5. Merenung, berdoa, atau beribadah pada Sang Pencipta merupakan cara terbaik untuk melepaskan diri dari stres berkepanjangan.

Demikian penjelasan yang disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar