Sukses

Pengobatan Katarak Tanpa Operasi

10 Jan 2021, 15:52 WIB
Pria, 31 tahun.

selamat malam dok.. izin bertnya sedikit tentang mata katarak kebetulan saya mengalami penyakit mata katarak sebelum sudah periksa dokter mata ternyata hasil nya diagnosa dokter mata katarak 30 % jadi saya di anjurkan operasi tetapi saya menolaknya jadi saya minta untuk di obati dengan cara memperlambat perkembangan katarak dengan di berikan resep obat tetes mata kary uni yg jadi pertanyaan saya apakah boleh memakai obat tetes mata kary uni dalam waktu jangka panjang sedang aturan di obatnya tidak boleh di gunakan dalam jangka panjang

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Katarak adalah perubahan lensa mata yang sebelumnya jernih dan tembus cahaya menjadi keruh. Katarak menyebabkan penderita tidak bisa melihat dengan jelas,  karena dengan lensa yang keruh cahaya sulit mencapai retina dan akan menghasilkan bayangan yang kabur pada retina.

Saat ini, katarak hanya dapat disembuhkan dengan operasi,  yakni menggantikan lensa mata dengan yang jernih. Hingga saat ini, belum ditemukan obat-obatan atau teknologi yang dapat menyembuhkan katarak tanpa operasi.  Meskipun dapat memperlambat proses penebalan katarak,  namun penyakit degeneratif  (penuaan) tersebut belum diketahui penyebab dengan pasti. Biasanya katarak terjadi pada kedua belah mata, dan tidak pernah terjadi hanya pada salah satu mata saja. 

Penyebab katarak belum diketahui jelas, namun  sebagian besar katarak terjadi karena proses degeneratif atau penuaan. Di samping itu, katarak juga bisa disebabkan oleh penyakit sistematis seperti diabetes mellitus (DM), penggunaan obat tertentu, khususnya steroid, mata tanpa pelindung terkena sinar matahari (UV) dalam waktu cukup lama, pernah operasi mata sebelumnya, pernah trauma atau kecelakaan pada mata, atau mata terbentur. Faktor lingkungan juga turut berperan mempercepat perkembangan katarak seperti merokok atau kena  bahan dan gas beracun lainnya.

Penderita katarak akan mengalami pengelihatan yang buram atau seperti berasap, ketajaman pengelihatan berkurang, penglihatan ganda, dan seringnya berganti-ganti kacamata yang diresepkan dokter. Ini  merupakan karakteristik penyakit katarak. Jika hal tersebut dialami,  maka dianjurkan untuk berkonsultasi dengan spesialis mata.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar