Sukses

Penyakit Jantung

10 Jan 2021, 10:43 WIB
Pria, 26 tahun.

Selamat siang dok Hari Sabtu kemarin tanggal 12-12-20 ibu saya melakukan foto thorax di rumah sakit dan hasil nya adalah - jantung membesar CTR 63.97% - Aorta dan mediastinum superior tidak melebar - trakea di tengah, kedua hilus tidak mengenal - tampak infiltart di perihiler kedua paru - kedua hemidiafragma licin, kedua sinus kostofrenikus lancip - tulang-tulang dan jaringan lunak baik - CONC - Cardiomegaly dengan bronkhopneumonia Yang saya tanyakan apakah hasil dari foto thorax itu berbahaya untuk ibu saya dok? Umur ibu saya sudah berada umur 61 tahun dok dan penyakit yang pernah di derita stroke ringan pada tahun 2016 lalu. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak dok ūüôŹūüŹľ

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan melalui Klikdokter.com 

 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, 

Kardiomegali adalah suatu kondisi ketika ukuran jantung lebih besar dari ukuran normal, yaitu 55 persen lebih besar dari rongga dada. Pembesaran jantung merupakan kelainan yang umum ditemui.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal ‚Äďmulai dari tekanan darah tinggi, diabetes, hingga gangguan katup. Apabila seseorang mengalami pembesaran jantung yang disertai dengan gangguan fungsi pemompaan jantung, maka bisa dikatakan ia telah menderita gagal jantung.

Kardiomegali biasanya disebabkan oleh pembesaran salah satu atau lebih dari empat ruangan jantung. Namun, umumnya kardiomegali diakibatkan oleh pembesaran bilik jantung kiri (ventrikel kiri). 

Pengobatan kardiomegali atau pembesaran jantung adalah dengan mengatasi penyebab pembesaran jantung. Apabila seseorang menderita tekanan darah tinggi, maka pemberian obat tekanan darah tinggi diperlukan untuk mencapai tekanan darah yang lebih aman dan optimal.

Diet rendah garam juga disarankan untuk penderita pembesaran jantung dengan tekanan darah tinggi. Penanganan diabetes juga diperlukan segera agar gula darah berada pada kisaran normal. 

Kami sarankan Ibu Anda untuk melakukan pemeriksaan lanjut dengan dokter Spesialis Jantung agar dapat diberikan penanganan yang optimal. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat 

0 Komentar

Belum ada komentar