Sukses

Tekanan bola mata dan kista indung telur

09 Jan 2021, 11:20 WIB
Pria, 36 tahun.

Saya ingin bertanya, istri saya umur 36thn berat 55kg sedang hamil di bulan ke 2 dan tekanan bola mata berada di 22 . Sebelumnya saat rutin menggunakan tetes mata latipress tekanan bola mata berada di 17 apakah kami harus menggunakan obat tetes mata latipress sebelumnya menggunakan ini tapi sejak 1 bulan lalu berhenti . Dokter ginekolog jg mengatakan ada kista 2cm di indung telur sebelah kanan dan dokternya mengatakan bahwa memang normal ada kecil pada masa kehamilan dan biasanya akan hilang sendiri. Mohon bantuan dokter apakah memang ada pengalaman seperti itu atau tidak. terima kasih atas bantuan nya

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Bapak

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Ada gangguan apa sebelumnya sehingga menggunakan rutin tetes mata? Apakah ada glaukoma?

Untuk hal ini ada baiknya konsultasikan ke dokter spesialis Mata, apakah pengobatan dilanjutkan atau tidak.

Sedangkan untuk kista, angka kejadian timbulnya kista pada wanita hamil mencapai 1:81 hingga 1: 1000. Pada ibu hamil, biasanya kista ovarium yang ditemukan adalah kista theca lutein yang terjadi akibat peningkatan secara berlebihan hormon beta-human chorionic gonadotropin (bhCG). Banyak hal yang dapat menyebabkan produksi hormon ini berlebihan, antara lain adalah kehamilan kembar, kelainan sel dalam kehamilan, keganasan, dan lain sebagainya. Kista ini biasanya akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan menurunnya kadar hormon bhCG dalam darah saat usia kehamilan sudah semakin bertambah.

Umumnya kista yang bersifat fungsional ini tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun. 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Bapak dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar