Sukses

Telinga Tidak Bisa Mendengar Tiba-Tiba

06 Jan 2021, 20:24 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, telinga saya tbtb tidak mendengar secara normal sebelah tanpa tau jelas apa sebabnya. Kira2 bagaimana ya dok cara menyembuhkannya?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sebelumnya izinkan saya bertanya. Apakah sebelumnya ada nyeri telinga, berdengung, rasa penuh di telinga, atau keluar cairan dari telinga yang bermasalah? Apakah ada trauma atau cedera sebelumnya pada telinga Anda?

Pada dasarnya, Terdapat tiga jenis utama dari gangguan pendengaran:

1. Gangguan pendengaran konduktif terjadi dari masalah di liang telinga. Gendang telinga atau telinga tengah tidak dapat mengirimkan suara secara efektif ke telinga bagian dalam. Masalah ini dapat disebabkan oleh infeksi telinga, tumor, atau benda (seperti penumpukan lilin) di telinga.

2. Kehilangan pendengaran sensorineural seringkali disebabkan oleh kerusakan sel-sel rambut di telinga bagian dalam. Penyebab potensial lainnya termasuk kerusakan pada saraf atau otak. Jenis gangguan pendengaran sering disebabkan oleh usia-terkait perubahan saraf dan sel-sel sensorik dari telinga bagian dalam.

3. Gangguan pendengaran campuran adalah kombinasi dari gangguan pendengaran konduktif dan sensorineural, yang berarti bahwa mungkin ada kerusakan di telinga luar atau tengah, serta di telinga bagian dalam (koklea) atau saraf pendengaran. Kehilangan pendengaran campuran dapat disebabkan oleh cedera kepala, infeksi kronis, atau kelainan bawaan.

Sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan telinga secara langsung sehingga dapat diketahui penyebab gangguan pendengaran Anda. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar