Sukses

Demam Tinggi dan Perdarahan di Gusi dan Mimisan

06 Jan 2021, 16:11 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok saya ingin bertanya, teman saya yang usianya sama dengan saya mengalami gejala pendarahan pada gusi dan mimisan, demam tinggi, nyeri pada persendia, bintik merah pada kulit, dan diare. Kira kira teman saya sakit apa yah dok? apakah saya harus segera membawanya kerumah sakit? meskipun cukup takut untuk pergi kerumah sakit di saat pandemi seperti ini.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Berdasarkan keluhan yang Anda sebutkan, kemungkinan teman Anda menderita demam berdarah. 

DBD disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegipty atau Aedes albopictus berkelamin betina. Gejalanya berupa demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot/sendi, lemas,mual/muntah, muncul bintik merah di kulit, gangguan pencernaan, mimisan, atau gusi berdarah.

Untuk menurunkan demamnya, teman Anda dapat mengonsumsi obat penurun demam, seperti paracetamol. Pastikan juga teman Anda makan teratur, banyak minum, dan istirahat yang cukup.

Kami sarankan untuk segera memeriksakannya ke dokter agar dapat dievaluasi dengan tepat dan mendapatkan penanganan yang sesuai. Karena, jika tidak ditangani dengan baik, demam berdarah dapat menyebabkan kematian.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar