Sukses

Keputihan

06 Jan 2021, 10:47 WIB
Wanita, 35 tahun.

Sore dok.. Saya mau tanya.. saya mengalami keputihan dr selesai haid tp ini tidak seperti biasanya.. keputihannya tidak berbau menyengat.. masih bau normal tapi sampe saya mau haid lagi kenapa gak selesai" ya keputihannya dok.. Dan apakah keputihan bisa menyebabkan sipilis ya.. Terima kasih sebelumnya dok..

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Ibu

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal atau fisiologis, dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit, jamur, atau bakteri. 

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. 

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dan lain-lain) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh bakteri, jamur ataupun parasit.  Keputihan abnormal perlu diobati karena dapat menyebabkan penyebaran infeksi ke organ dalam. 

Sifilis merupakan infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum. Sifilis ditularkan melalui kontak seksual dengan lesi terinfeksi, dari ibu ke anak dalam rahim, melalui transfusi darah, dan sangat jarang sekali melalui luka di kulit yang terkena dengan luka sifilis. Gejala yang muncul adalah luka pada kelamin disertai dengan pembengkakan kelenjar getah bening.

Apabila Anda mengalami keluhan seperti keputihan abnormal di atas, kami menyarankan Anda untuk menemui Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan atau Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin agar Anda dapat menjalani pemeriksaan fisik dan diagnostik lebih lanjut.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar