Sukses

Gangguan Haid setelah SUntik KB 3 Bulan

04 Jan 2021, 12:28 WIB
Wanita, 23 tahun.

asalammualaikum selamat sore dok, saya mau tanya kemarinkan saya suntik KB yang 3 bulan ni dok nah saya berhenti KB bulan november kemaren dok trus di bulan november saya masih dapet menstruasi tapi cuman felek doang dok itu jg cmn 3hri dok, nah nulan desembernya saya gak dpt menstruasi dok iu knpanya ko ? tolong penjelasannyanya dok

Terima kasih telah bertanya seputar haid dan kb suntik melalui Tanya Dokter.

Saat ini keluhan belum haid yang anda alami dapat merupakan akibat sisa dari penggunaan KB suntik 3 bulan, namun tidak menyingkirkan adanya penyebab kehamilan. Untuk itu anda dapat terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kehamilan sederhana, yaitu testpack. Bila hasilnya negatif, maka terdapat kemungkinan terjadi ketidakseimbanagn hormon akibat pengaruh suntik KB yang lalu.

Salah satu keterbatasan dalam penggunaan KB Suntik 3 bulan (KB suntikan progestin) adalah sering ditemukannya gangguan haid, seperti;

  • siklus haid yang memendek atau memanjang
  • perdarahan yang banyak atau sedikit
  • perdarahan tidak teratur atau perdarahan bercak (spotting)
  • tidak haid sama sekali

Keterbatasan lainnya adalah terlambatnya kembali  kesuburan setelah penghentian pemakaian, itulah yang menjadi alasan suntikan progestin tidak dapat dihentikan sewaktu-waktu sebelum suntikan berikutnya. Perlu adanya komunikasi antara klien dengan petugas pelayanan kesehatan jika ingin berhenti dan berharap kesuburan datang kembali.

Haid baru akan datang kembali pada umumnya setelah 6 bulan. Selama tidak haid tersebut bisa saja terjadi kehamilan. Bila setelah 3-6 bulan tidak juga haid, Anda harus kembali ke dokter atau pelayanan medis tempat Anda mendapatkan KB agar dapat dicari penyebab haid tersebut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat,

0 Komentar

Belum ada komentar