Sukses

Menyusui Saat Hamil

03 Jan 2021, 16:40 WIB
Wanita, 33 tahun.

Hallo doc , saya mau tanya . sekarang ini anak kedua saya umur 18bln dan saya sudah hamil lagi anak ketiga yg sudah berjalan hampir 7w . anak kedua saya masih ASI . apakah ASI saya sudah tidak bagus buat pekembangan bayi saya karena saya sedang hamil lagi? karena orang tua saya menyuruh untuk menghentikan pemberian ASI ke anak kedua saya . terimakasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Menyusui anak saat sedang hamil masih diperbolehkan selama kondisi kehamilan sehat dan tidak ada riwayat keguguran atau perdarahan selama hamil.

ASI yang dihasilkan saat mengandung juga masih sama nutrisinya. Hanya saja, mungkin ada perubahan rasa dan juga jumlahnya akan berkurang seiring bertambahnya usia kehamilan nantinya.

Pada saat menyusui, tubuh akan memproduksi hormone oksitosin yang dapat membuat jaringan payudara berkontraksi dan mengeluarkan ASI (reflex ejeksi ASI) sehingga dapat membuat produksi ASI semakin meningkat, namun adanya hormon oksitosin di masa kehamilan dapat juga membuat kontraksi ringan pada uterus (Rahim). 

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan yang menangani Anda agar dapat diketahui secara pasti apakah kehamilan Anda saat ini berisiko tinggi atau tidak. Jika kehamilan Anda sehat maka Anda dapat terus memberikan ASI pada anak Anda.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar