Sukses

Hasil VCT HIV

26 Dec 2020, 13:06 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat sore dok saat ini saya melakukan vct HIV di puskesmas didaerah saya dengan hasil non reaktif ( terakhir melakukan kegiatan beresiko terakhir sekitar 4 atau 3 tahun yang lalu) apakah hasil ini dianggap valid atau harus melakukan tes di tempat lain? Dan saat ini saya sedang mengonsumsi obat urdafalk dan allupurinol apakah berpengaruh dengan hasil vct? Terimakasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdr

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Prosedur pemeriksaan laboratorium HIV harus mencakup 3 macam tes dengan didahului konseling pra tes atau informasi singkat (VCT). Antibodi terhadap HIV biasanya baru terdeteksi dalam waktu 2 minggu hingga 3 bulan setelah terinfeksi HIV. Masa ini disebut sebagai 'masa jendela'. Bila tes HIV dilakukan dalam masa jendela menunjukkan hasil 'negatif', maka perlu dilakukan tes ulang, terutama bila masih terdapat prilaku berisiko.

Jika anda curiga terinfeksi HIV, dan telah dilakukan pemeriksaan dengan lengkap terhadap infeksi tersebut dengan hasil negatif, namun pemeriksaan dilakukan pada 'masa jendela', maka anda perlu mengulang pemeriksaan. Jika hasil negatif dan anda tidak lagi termasuk kelompok yang berisiko, maka dapat dikatakan anda bebas dari HIV.

Siapa Saja yang Harus Melakukan Tes HIV?

Cara Mudah Mendeteksi Gejala HIV

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar