Sukses

Hasil Rapid Tes Positif

24 Dec 2020, 16:33 WIB
Wanita, 20 tahun.

Assalamualaikum wr. wb. Dok saya mau tanya, kondisi saya minggu lalu pernah drop, flu batuk demam biasa karena salah satu faktornya adalah perubahan cuaca selama 3 hari dan pada hari keempat sudah sembuh sudah tidak flu batuk maupun demam lagi, nah 5 hari setelahnya saya rapid test dan hasilnya reaktif igg maupun igm nya. Yang saya paham kalo igg reaktif berarti infeksi yg terjadi sudah lama, sedangkan igM berarti bahwa infeksi yg terjadi baru saja. Nah, yang saya tanyakan berarti waktu saya rapid virus/bakteri yang terdeteksi berarti masih aktif2nya? Dan rencananya saya akan rapid tes antigen 4/5 hari setelahnya. Apakah sebaiknya saya harus nunggu selama 10 hari setelah rapid kemarin atau boleh langsung rapid lagi? Oh yaa kondisi saya saat ini tidak ada keluhan atau tidak ada tanda-tanda yang mengarah ke covid 19 Terima kasih Wassalamualaikum wr. wb.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Rapid tes merupakan alat screening untuk mendeteksi ada tidaknya antibodi yang terbentuk di dalam tubuh terhadap virus. Tes ini menggunakan sampel darah dan hasilnya pun dapat cepat terlihat. Tapi, yang perlu diketahui, rapid tes bukanlah alat untuk mendiagnosis suatu penyakit, melainkan hanya untuk screening awal. 

Jadi, penegakan diagnosis untuk COVID-19 tidak bisa menggunakan rapid tes. Sebaiknya Anda langsung melakukan SWAB PCR untuk memastikan Anda terinfeksi virus corona atau tidak.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

1 Komentar

  • Nur******h

    Selamat siang dokter. Sy punya keluhan sdh 2 hari indra perasa & penciuman sy hilang.. Apa yg hrs sy lakukan.. Mohon penjelasan nya