Sukses

Teraba Gumpalan pada Testis, Normalkah?

22 Dec 2020, 16:12 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok saya mau nanya,saat saya rambah testis pas di bawah testis sebelah kiri ky ada gumpalan cacing tp di sebeleah kanan baik² saja,itu kenapa yh dok?padahal umur 17 th

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya.

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. sebelumnya perlu ditanyakan apakah gumpalan cacing teraba besar? apakah ukurannya semakin membesar? adakah nyeri? untuk memastikan penyebab keluhan anda sebenarnya harus melalui pemeriksaan fisik langung karena hanya dengan keluhan yang anda sampaikan tidak biasa dipastikan.

Meskipun beigut, kemungkinan yang Anda alami adalah varikokel. Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah vena (yang awamnya disebut varises) pada skrotum (buah zakar) yang mempendarahi testis. Aliran darah di vena diatur dengan katup 1 arah yang mencegah aliran darah kembali. Fungsi katup yang terganggu atau penekanan dari pembuluh darah vena dapat menyebabkan pembesaran dari vena yang berujung terhadap pembentukan varikokel.

Penyebab dari varikokel ini diantaranya adalah idiopatik yang disebabkan karena fungsi katup vena yang tidak bekerja sempurna. Varikokel umumnya terjadi pada 15-20% pria dan penyebab gangguan kesuburan pada 40% pria. Penyebab lain adalah vakrikokel sekunder yang disebabkan oleh penekanan pada vena yang umumnya terjadi akibat keganasan di rongga panggul / perut. Biasanya terjadi pada pria di atas usia 40 tahun.

Pada pemeriksaan fisik dapat  terlihat adanya pembengkakan pada skrotum dan rasa nyeri serta rasa berat. Jika dipegang, dapat terasa seperti kita memegang kantung yang berisi banyak cacing.

Tidak semua varikokel membutuhkan operasi, yang memerlukan operasi adalah :1. Jika varikokel tersebut dapat teraba (sudah cukup besar)2. Jika suami dan istri terbukti ada infertilitas3. Jika istrinya subur4. Jika hasil tes sperma pada laki-laki membuktikan adanya gangguan

Pengobatan varikokel selain operasi dapat dilakukan embolisasi varikokel dengan memasukkan kateter atau selang kecil ke pembuluh darah vena di bawah bimbingan x-ray. Cincin metal akan diletakkan di pembuluh darah vena spermatika sinistra (kiri) untuk menghambat aliran darah ke vena di bawahnya. Namun hal ini masih di dalam penelitian. 

Varikokel menjadi risiko terjadinya infertilitas. Hal ini disebabkan varikokel membuat suhu lingkungan yang terlalu tinggi, yang tidak sesuai dengan suhu ideal perkembangan sperma. Namun bukan berarti penderita varikokel pasti infertil, beberapa faktor harus diperhatikan, misalnya lama menderita dan derajat keparahan. Pemeriksaan sperma akan mengonfirmasi hal ini. Reversibilitas infertil ini setelah varikokel dioperasi juga tergantung atas derajat keparahan dan lama menderita varikokel seperti yang disebutkan tadi.

Penegakan diagnosis varikokel dilakukan atas pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan penungjang. Maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis urologi dan mendiskusikan pilihan-pilihan yang dapat Anda ambil untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

3 Komentar