Sukses

Kanker payudara menurun?

22 Dec 2020, 11:01 WIB
Wanita, 15 tahun.

dok saya mau nanya. mama saya kan dulu kanker payudara. tapi sekarang sudah di operasi, dan sudah sembuh. nah penyakit kanker itu bisa menurun ke anak gak ya dok?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.    

Perempuan yang memiliki ibu, nenek, kakak, atau bibi yang pernah terkena kanker payudara berpeluang mengalami kanker payudara dua hingga tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan yang tidak memiliki riwayat kanker payudara di keluarganya. Terdapat 5 hingga 10% kejadian kanker payudara yang disebabkan oleh keturunan. Hal ini berkaitan dengan gen BRCA1 dan BRCA2 yang telah mengalami mutasi kemudian diturunkan oleh orangtua ke generasi selanjutnya. BRCA1 dan BRCA2 merupakan gen manusia yang sering disebut sebagai gen penekan tumor yang berfungsi untuk mengontrol pertumbuhan sel. Mutasi yang terjadi pada gen ini akan menyebabkan munculnya sel kanker.  

setiap perempuan punya kedua gen tersebut. guna gen BRCA1 dan 2 ialah untuk memperbaiki sel payudara yang rusak. namun apabila kedua gen ini rusak dan mengalami mutasi, maka risiko terkena kanker payudara meningkat 80%.

7 Faktor Risiko Kanker Payudara

Apakah Kanker Akibat Keturunan Bisa Dicegah?

Wanita, Ini 9 Cara Sederhana Mencegah Kanker Payudara

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar