Sukses

Haid Nyeri dan Memanjang

22 Dec 2020, 07:48 WIB
Wanita, 26 tahun.

Assalamu'alaikum.. Dok saya baru menikah 3 bulan Dari awal saya menstruasi selalu teratur (masa haid 7hari dan siklus datangnya 28hari) Tapi bulan ini saya terlambat haid selama seminggu,saya sempat berpikir hamil tpi trnyata smnggu stelahnya saya haid,2 hari prtama itu seperti flek dan saya msih berpikir klau itu tnda2 hamil krn saya pernah baca di artiker sprti itu,apalagi biasanya klau sya haid hari kedua psti keluarnya deras, dan ternyata di hari ketiga mulai deras dan saya sudah gak berpikir lagi klau saya hamil. Cuma yang buat saya penasaran haid kali ini sya mengalami nyeri sekali dok(gak kayak biasanya) di tambah lagi smpai hari ke 11 saya masih haid(dari 4 hari yg lalu smpai hari ini haid yg kluar brupa flek) Mhon penjelasannya dokšŸ™šŸ¼

Terima kasih telah bertanya seputar haid nyeri dan memanjang melalui Tanya Dokter.

Banyak hal yang dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi terlambat dan tidak teratur, antara lain:

  • Stres dan depresi
  • Nutrisi yang kurang, penurunan berat badan berlebihan, olahraga berlebihan, obesitas
  • Gangguan hipotalamus dan hipofisisĀ sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh
  • Gangguan indung telurPenggunaan obat-obatan,Ā seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi oral, dll
  • Penyakit kronik dan Sindrom Asherman
  • dll

Rasa sakit yang timbul setiap kali datang bulan sering dialami oleh banyak wanita. Rasa sakit ini biasanya dirasakan di perut bagian bawah yang timbul setiap hari ke-1 hingga hari ke-3 dari siklus menstruasi. Rasa nyeri yang diarasakan oleh setiap wanita berbeda beda, dapat berupa nyeri ringan maupun berat hingga mengganggu aktivitas sehari hari. Jika nyeri yang dirasakan sangat berat dan mengganggu aktivitas sehari hari dikenal dengan nama dismenorea. Terdapat dua jenis dismenore, yaitu :

  • Dismenorea primer : dismenore tipe ini timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu dengan lebih stabilnya hormon tubuh . Nyeri haid ini adalah normal, dan tidak membahayakan kesehatan. Dismenorea ini terjadi murni karena kontraksi otot rahim saat menstruasi akibat dari hormon prostaglandin
  • Dismenorea sekunderĀ : biasanya baru timbul di kemudian hari setelah menstruasi pertama. BerlangsungĀ lebih dari 3 hingga 4 hari dan disertai mual, muntah atau bahkan diare.Ā Dismenore ini dapat disebabkan oleh beberapa penyakit/kelainan penyebab, antara lain : kelainan atau penyakit seperti infeksi rahim, kista atau polip, tumor sekitar kandungan,dll.

Apabila dismenorea yang dirasakan adalah dismenorea primer maka tidak akan ada masalah, namun apabila penyebabnya adalah dismenorea sekunder, maka ada kemungkinan faktor penyebab tersebut perlu diteliti lebih lanjut melalui pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar haid nyeri dan memanjang, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar