Sukses

Penyebab Pipi dan Gusi Bengkak

21 Dec 2020, 22:28 WIB
Wanita, 19 tahun.

Hallo dokter, saya mengalami sakit gigi yang tiba-tiba, pipi dan gusi saya bengkak, gigi geraham saya berlubang dan itu dekat dengan tumbuhnya gigi bungsu saya yang baru-baru ini juga sering sakit lalu 3 hari kemudian hilang, namun kali ini saya bingung pipi dan gusi saya juga ikut bengkak dan sakit sekarang, saya sudah pergi ke dokter gigi di sekitar sini namun karna dokternya akan mencabut gigi saya dalam keadaan gusi sedang bengkak dan sakit waktu itu saya jadi mengurungkan niat saya saat itu karna yang saya tahu sebelumnya saya harus menunggu sakit gigi saya reda dulu, pertanyaan saya apakah tindakan dokter tersebut sudah benar dan tidak masalah untuk mencabut gigi saya dalam keadaan itu? dan apa penyebab gigi saya sakit dan gusi serta pipi saya bengkak? apa karna gigi saya berlubang atau karna gigi bungsu saya yang tumbuh?

Terima kasih sudah bertanya seputar penyebab pipi dan gusi bengkak melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan anda, kami ingin mem beri penjelasan sedikit. Pada prinsipnya gigi yang berlubang harusnya jangan dibiarkan tanpa perawatan, apalagi metunggu sampai sakit. Perawatan pada gigi berlubang dilakukan tergantung dari kondisi gigi itu sendiri seperti kedalaman, letak, luasnya lubang. Selain itu dokter gigi juga akan menilai apakah gigi tersebut masih dapat ditambal gigi atau harus dilakukan perawatan lainnya. Pada gigi yang berlubang dimana keadaannya sudah tidak memungkinkan dilakukan perawatan guna mempertahankan keberadaan dan fungsi gigi tersebut didalam rongga mulut maka pilihannya adalah pencabutan.

Berdasarkan keterangan anda, pipi dan gusi bengkak maka dugaan kami hal ini disebabkan karena gigi yang berlubang yang tidak ditambal, lalu kuman masuk ke dalam kamar saraf gigi dan menyebabkan abses gigi. karena pada umumnya gigi bungsu yang baru tumbuh jarang yang sampai bsia menyebabkan pipi bengkak. Bila dibiarkan tanpa perawatan, abses dapat meluas ke tulang rahang dan jaringan lunak dan menyebabkan pembengkakan yang lebih besar lagi. Namun untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan langsung, karena bisa jadi kondisi anda adalah akibat kombiansi dari kedua sebab tersebut, yaitu gigi berlubang dan gigi bungsu yang sedang tumbuh.

Gigi yang sedang dalam keadaan bengkak sebaiknya diobati dulu baru dilakukan tindakan, misalnya perawatan saraf gigi atau pencabutan. Ada baiknya anda mencari second opinion atau berkonsultasi lagi dengan dokter gigi lain untuk melakukan pemeriksaan secara langsung agar dapat ditentukan diagnosa dan dilakukan perawatan yang tepat.

Baca juga artikel terkait :

Perlukah Gigi Berlubang Dirawat di Dokter Gigi?

Gigi Berlubang, Ditambal atau Dicabut?

Bolehkah Cabut Gigi Saat Gigi Masih Sakit ?

Demikian informasi yang dapat diberikan seputar penyebab pipi dan gusi bengkak, Smeoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar