Sukses

Mengeluarkan Dahak Disertai Darah

17 Dec 2020, 10:58 WIB
Wanita, 18 tahun.

Halo dok, saya priska berumur 18 tahun saya ingin bertanya. bapak saya sering mengeluarkan dahak bahkan terkadang di sertai darah. memang, ia memiliki riwayat penyakit empedu, asam lambung, diabetes serta pernah menjalani pengobatan paru selama 6 bulan (namun terhenti di keempat bulan) saya bimgung karna bapak saya serimg kontrol ke beberapa rumah sakit dan menurut nya ia tidak menemukan titik terang. bagaimana ya dok? apa dahak yang dikeluarkan berjaitan dengan riwayat penyakitnya? Terimakasih dok

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Mengeluarkan dahak disertai darah bisa disebabkan berbagai hal. Tapi, penyebab terseringnya adalah infeksi paru-paru, yaitu TBC (Tuberkulosis).

Melihat riwayat pengobatan paru bapak Anda, kemungkinan memang bapak Anda menderita TBC sehingga harus berobat selama 6 bulan. Pengobatan yang tidak tuntas (terhenti) menyebabkan penyakit tuberkulosis tersebut tidak teratasi dengan baik, sehingga kemungkinan bakteri penyebab TBC di paru-paru tidak hilang. Itulah yang menyebabkan timbulnya dahak yang disertai darah.

Untuk mengatasi keluhan tersebut, kami menyarankan agar Anda membawa bapak Anda ke dokter secara langsung untuk kembali menjalani pengobatan paru dan harus tuntas.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar