Sukses

Telinga Keluar Cairan dan Infeksi Telinga Karena Jamur

15 Dec 2020, 22:24 WIB
Wanita, 29 tahun.

Halo dok!! Selamat siang.. saya mau bertanya tentang telinga. Telinga saya itu kata dokter infeksi, keluar cairan sama suka ada jamur. Sudah 3 bulan ini saya berobat jalan soalnya jamurnya suka muncul. Sebenarnya telinga saya itu kenapa ya dok???

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Keluarnya cairan dari dalam telinga dapat berupa darah, nanah, serumen (kotoran telinga), ataupun cairan jernih lainnya dalam dunia kedokteran dikenal sebagai otorrhea.

Pada umumnya, cairan yang sering keluar dari telinga adalah serumen (kotoran telinga), namun keluarnya cairan lain seperti darah atau nanah dari telinga dapat terjadi akibat adanya iritasi atau infeksi di dalam telinga. Dalam kasus Anda, sepertinya cairan yang keluar merupakan tanda sebuah infeksi telinga atau dikenal dengan istilah otitis media.

Keluarnya cairan dari telinga akibat adanya iritasi atau infeksi dalam telinga biasanya akan diawali dengan gejala demam tinggi atau rasa tidak nyaman selama beberapa hari karena kupingnya yang terasa sakit. Disamping itu, pecahnya gendang telinga juga seringkali menimbulkan keluhan berupa keluarnya cairan berwarna kuning keputihan dengan sedikit darah dari telinga.

Untuk memastikan penyebab keluarnya cairan telinga tersebut diperlukan wawancara lebih lanjut dan diperlukan pemeriksaan secara langsung terhadap telinga Anda. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis THT segera agar diketahui penyebabnya dan mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai penyebabnya.

Yang kedua, adanya infeksi pada telinga yang disebabkan oleh jamur disebut otomikosis. Penyebab terseringnya adalah jamur aspergillus dan candida. Faktor risikonya adalah:

• daya tahan tubuh rendah seperti penderita HIV atau diabetes melitus

• penggunaan antibiotik atau steroid tetes telinga jangka panjang

• berenang

• trauma

• kelembaban tinggi

• higienitas kurang

Pengobatan otomikosis adalah dengan obat anti jamur. Agar tak berulang, hindari mengorek telinga terlalu sering dan terlalu dalam.

Kami tidak bisa memastikan diagnosis maupun kondisi telinga Anda, sebaiknya Anda bertanya aktif kepada dokter THT Anda seputar kondisi telinganya. dengan pengobatan yang teratur dan menjaga kebersihan telinga, umumnya infeksi telinga akan sembuh atau semakin membaik.

Demikian informasi yang dapat diberikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

1 Komentar

  • Darwis Kodonk

    halo dok!! obat apa saja yang harus di sediakan untuk penyakit infeksi telinga ( keluar cairan kental )