Sukses

Lemas dan Kunang-Kunang saat Olahraga

13 Dec 2020, 21:27 WIB
Pria, 21 tahun.

Halo dok selamat sore, kenapa ya dok, saya tadi kan lagi olahraga kecil2an nah tiba tiba ditengah2 olahraga saya merasa kunang kunang mata saya, saya merasa lemas, dan badan saya panas dingin, ini kenapa ya dok? Apakah saya kekurangan sel darah, alias anemia? Terimakasih dok

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya.

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Kami menduga keluhan anda berhubungan dengan kelelahan tubuh. Jantung yang bekerja terlalu cepat tidak dapat memompa darah secara efektif dan efisien, sehingga aliran darah ke otak berkurang, timbul pandangan kabur atau berkunang-kunang.

Yang perlu Anda perhatikan saat berolahraga  adalah: 

- Hentikan latihan apabila anda merasa kelelahan atau sesak napas. Lakukan pengurangan aktivitas fisik secara perlahan. Istirahatlah dengan mengangkat kaki anda lebih tiggia

- Jangan berolahraga apabila anda sedang tidak enak badan atau mengalami demam

- Hentikan latihan apabila anda mengalami detak jantung tidak beraturan atau berdebar-debar. Periksa frekuensi nadi anda setiap 15 menit. Apabila masih tetap diatas 120-150x/menit, segeralah berkonsultasi dengan dokterHitung target frekuensi nadi Anda untuk latihan yang bersifat aerobik. Caranya adalah dengan rumus: (220 - usia) x 80%. Usia Anda adalah 27 tahun, maka target frekuensi nadi Anda maksimal adalah 157. 

Intinya peningkatan intensitas olahraga harus Anda lakukan bertahap. Ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan dulu ke dokter untuk menyingkirkan adanya kondisi yang dapat menyebabkan masalah bila Anda berolahraga terlalu keras.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar