Sukses

Tidak Mens Setelah Kista Ovarium, Normalkah?

13 Dec 2020, 21:27 WIB
Wanita, 27 tahun.

Sore dok.. Tgl 3 november 2020 saya haid & tgl 9 november 2020 saya operasi kista ovarium, tapi sekarang udah tgl 8 belum haid telat 5 hari. Apakah itu normal & saya bisa hamil?

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya.

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, dengan lama keluarnya darah haid berlangsung selama 2-8 hari.

Haid yang tidak teratur biasanya terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal. Gangguan hormon sering terjadi pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama ataupun beberapa tahun menjelang terjadinya menopause. Pada masa-masa itu merupakan variasi normal yang terjadi karena kurang baiknya koordinasi hormonal pada awal terjadinya menstruasi pertama dan menjelang terjadinya menopause, sehingga timbul gangguan keseimbaangan hormon dalam tubuh. Disamping itu, haid yang tidak teratur dapat juga terjadi pada:

Stress dan depresi: penyebab ini umumnya menyerang wanita muda

Gangguan indung telur, misal: Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)

Sakit kronik

Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

Penurunan berat badan berlebihan

Olahraga berlebihan, misal atlit

Adanya tumor yang melepaskan hormon

Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi

Penggunaan obat-obatan tertentu, dsb

Apakah maksud Anda, kekhawatiran memiliki kista ovarium? Bila terdapat kista ovarium, memang ini bisa menjadi salah satu penyebab haid tidak lancar. Bila ini penyebabnya, maka pengangkatan kista mungkin diperlukan (tergantung ukuran kista). Pengobatan yang diberikan akan disesuaikan dengan penyebabnya. Namun jangan terburu-buru meyakini terdapatnya kista, karena hanya pemeriksaan seperti USG yang dapat memastikan apakah terdapat kista atau tidak. Kebanyakan penyebab haid tidak teratur adalah fungsional, dan haid yang tidak teratur akibat kista angkanya cenderung kecil. Untuk memastikan penyebabnya, maka pemeriksaan secara langsung oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan harus dilakukan.

 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar