Sukses

Penanganan Miom

11 Dec 2020, 18:47 WIB
Wanita, 45 tahun.

saat pertama kali mens sampai saat ini kalau hari 1-3 pasti sangat nyeri, panggul sakit dll. setelah di USG ternyata ada Miom di sekitar rahim dng ukuran 1-2cm, untuk mens normal setiap bln nya 1-6hari. anjuran dari dokter harus angkat rahim. saya takut terjadi apa2 setelah operasi. apakah saya hrs angkat rahim ? mohon saran nya Dok. Terima Kasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Mioma uteri adalah tumor jinak yang tumbuh pada otot rahim. Gejala yang muncul ketika memiliki miom adalah nyeri perut saat haid, nyeri pinggul, perdarahan haid yang banyak, haid berkepanjangan, sering berkemih, dan sebagainya.

Untuk penanganannya memang sangat bergantung pada ukuran dan keparahan gejala yang dialami penderita. Lalu, untuk jenis operasinya juga beragam tergantung keparahan miom. Untuk operasi angkat rahim biasanya dokter putuskan apabila miomnya banyak, ukurannya sangat besar, atau mengarah pada keganasan. Tentu dokter yang memeriksa Anda memiliki berbagai pertimbangan sehingga beliau menentukan untuk melakukan pengangkatan rahim saja. Agar lebih jelas, Anda juga sebaiknya bertanya langsung ke dokter Anda mengenai alasan dan keharusan tindakan tersebut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar