Sukses

Pengobatan TB

11 Dec 2020, 17:17 WIB
Pria, 29 tahun.

Halo dok, saya mau tanya. pada bulan 5 tahun 2019 saya memulai pengobatan TB sampai 6 bulan berikutnya dan setelah melakukan tes dahak 2 kali dinyatakan tidak ada bakteri lg, nah pertanyaan saya apakah harus melakukan pengobatan kembali karena pada awal desember 2020 saya melakukan rontgen dan masih ada bercak pada paru-paru saya ? atau harus menunggu hasil tes dahak dulu ?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Untuk memulai pengobatan TB, perlu ditegakkan dahulu diagnosis tuberkulosis oleh dokter yang memeriksa Anda. 

Untuk mendiagnosis seseorang mengalami TB paru atau tidak, selain dari gejala yang ada, juga melalui pemeriksaan penunjang sebagai berikut:

-Pemeriksaan Dahak SPS (sewaktu pagi sewaktu)

-Pemeriksaan Rontgen Dada

-Pemeriksaan Darah

Bila hasil pemeriksaan dahak hanya 1 dari 3 yang positif, maka diperlukan foto rontgen dada untuk menunjang diagnosis. Bila 2 dari 3 atau seluruhnya positif, sudah bisa dipastikan mengalami tuberkulosis paru.

Jadi, dalam kasus Anda, harus dilakukan pemeriksaan dahak terlebih dahulu untuk membantu menegakkan diagnosis pasti tuberkulosis. Jika memang positif, baru mulai pengobatan TB ulang.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar