Sukses

Seputar Kulit Sensitif

04 Dec 2020, 12:25 WIB
Wanita, 40 tahun.

Salam dokter, Belakangan ini kulit saya rasanya menjadi terlalu sensitif. Bila bersentuhan dgn permukaan benda (meja kayu, logam, lantai dsb) mendadak gatal2 dan muncul bentol atau brutus2, hanya dibagian yg bersentuhan dgn benda itu saja. Dan itu tidak berlangsung lama. Selang 1-5 menit gatal dan bentol/brutusan nya akan hilang sendiri. Yang sy heran, hal itu mulai terjadi baru2 ini saja, sebelumnya sy tidak punya riwayat alergi apapun. Sy kuatir ini merupakan pertanda dr suatu penyakit tertentu. Terima kasih atas jawaban dokter.

Terimakasih sudah bertanya seputar perawatan kulit sensitif dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Memiliki kulit yang sensitif memang membutuhkan tenaga yang ekstra untuk merawatnya, tetapi bukan berarti Anda mengabaikannya. Perawatan kulit sensitif sebenarnya sama saja dengan perawatan kulit pada umumnya. Yang perlu diperhatikan adalah :

Rajin membersihkan wajah dengan pembersih wajah yang tidak mengandung alkohol, pilih sabun dengan Ph yang normal (sesuai dengan kondisi kulit yaitu 5.5). Hindari sabun wajah yang memiliki busa banyak atau wangi yang menyengat karena dapat memicu iritasi pada kulit. Jangan mencuci wajah dengan air yang panas, biasakan membasuh wajah dengan air dingin.Hindari menggunakan scrub wajah terlalu sering. Jika memang ingin menggunakan scrub sebaiknya gunakan scrub yang berbutir kecil dan halus. Gunakan scrub paling tidak 1x dalam seminggu saja.Gunakan pelembab wajah (moisturizer) setelah selesai membersihkan wajah. Fungsi pelembab adalah untuk mengembalikan minyak yang hilang setelah mencuci wajah dan mengunci kandungan air pada kulit.Jika beraktivitas diluar ruangan, setelah menggunakan pelembab wajah gunakan juga tabir surya untuk mencegah paparan sinar UV yang berlebihan. Gunakan tabir surya minimal SPF 30Selain menggunakan produk - produk perawatan, baiknya juga diimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti sayuran dan buah serta mengkonsumsi air putih yang cukup. Hindari stress dan kurang istirahat karena akan mengganggu kesehatan kulit juga 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar