Sukses

Perlukah Swab Kembali setelah Isolasi Mandiri?

04 Dec 2020, 14:32 WIB
Pria, 50 tahun.

Beberapa waktu lalu saya dirawat di rs karena gejala deman, sebelumnya di rapid test non reaktif tapi setelah test swab hasilnya positif sehingga harus perawatan khusus/isolasi di rumah sakit karena positif covid, selama 2 minggu dirawat tidak ada keluhan sehingga dinyatakan sembuh dan bisa pulang rumah (bukan karena 2 kali pcr negatif tapi karena ketentuan baru 10+3). Saya sudah melakukan isolasi di rumah selama 2 minggu dan sehat tanpa keluhan, PERTANYAAN, setelah isolasi mandiri selesai apakah saya sudah bisa beraktifitas atau harus memastikan dengan uji lab/PCR lagi. masalahnya untuk pcr/swab butuh biaya ataukah hal itu tidak perlu mengingat sudah dinyatakan sembuh oleh dokter lewat proses perawatan d rumah sakit ditambah isolasi mandiri di rumah dan kondisi saya sehat tanpa ada gejala/keluhan selama ini (di hari kepulangan dari rs di test swab dan pasca seminggu keluar rs saya sempat uji swab hasinya keduanya masih positif). Mohon jawaban dokter untuk pencerahan bagi saya dan termasuk teman2 yang lain yang senasib dengan saya.....salam sehat, terimakasih

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klik Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Berdasarkan peraturan dari kementerian kesehatan terakhir, setelah isolasi mandiri selama 14 hari tidak bergejala, tidak diperlukan pemeriksaan swab ulang.

Namun jika memiliki keluhan, sebaiknya berkonsultasi kembali dengan dokter yang menangani.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • Erl******iani

    Setelah isoman 2 minggu tdk ada gejala apapun tp hasil PCR masih positif,, apakah sudah bisa berinteraksi secara normal dg orang lain atau bgm..